CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 15 September 2008

LANGKAH-LANGKAH UNTUK AKSES INTERNET



1.KONEKSI INTERNET
Koneksi internet secara dasar ada 2 macam koneksi yaitu:
A. Koneksi dengan Saluran Telepon
1. Koneksi Dial Up
Penyambungan komputer yang terhubung ke Internet menggunakan saluran telepon sering disebut dengan Dial-Up Connection. Untuk menghubungkan komputer ke Internet dengan koneksi dial-up masih perlu persyaratan lain yaitu modem dial-up dan ISP. Modem berfungsi untuk menjembatani hubungan komputer dengan saluran telepon agar data dari komputer dapat melewati saluran telepon. Sedangkan ISP digunakan sebagai provider yang dapat menghubungkan komputer ke Internet. Dial-up modem disebut juga dengan voiceband.
Kelebihan menggunakan metode ini adalah jangkauan layanannya cukup luas dan merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan dalam melakukan koneksi internet. Meskipun begitu metode ini juga mempunyai kekurangan yaitu masalah kecepatan koneksi dan mahalnya biaya operasional jika penagihan dilakukan berbasis waktu.
2. Koneksi Asymmetric Digital Subscribers Line (ADSL)
Metode ini bekerja dengan cara menumpangkan sinyal transmisi data frekuensi tinggi di saluran telepon, pada bagian pelanggan dipasang splitter yang memisahkan sinyal frekuensi tinggi agar tidak mengganggu sinyal pembicaraan dan sinyal fungsi operasional pesawat telepon. Sinyal data frekuensi tinggi kemudian ditangani oleh modem ADSL yang juga berfungsi sebagai bridge dan router dan melangsungkan koneksi disisi pelanggan dengan ISP. Komputer dapat mengakses internet di modem menggunakan NIG, umumnya menggunakan Kabe UTP dengan RJ11.
Kelebihan metode ini adalah biaya operasinalnya lebih murah daripada metode dial-up, tetapi biaya untuk mempersiapkan peralatan koneksi (NIC,dll) bisa jadi lebih mahal.

B. Koneksi Wave LAN
Metode ini menggunakan WaveLAN dan untuk komunikasi antar WaveLAN bersifat wireless (tidak membutuhkan kabel). Biasa digunakan jaringan yang cukup berjauhan (karena jaringan berbasis kabel, misalnya dengan thick ethernet/fiberoptic, memerlukan ongkos yang mahal untuk instalasi dan perawatannya). Bersifat dedicated/digunakan untuk jaringan yang terhubung internet 24 jam sehari, dengan kecepatan kurang lebih 10 Mbps.



2. SETTING PERIPHERAL
Agar peralatan yang disediakan untuk mengakses internet dapat berfungsi dan dapat digunakan, maka sebelumnya dilakukan setting peripheral(peralatan). Di bawah ini merupakan cara untuk mensetting peralatan(modem) agar dapat digunakan, yaitu:
  1. Pasang modem ke komputer( bak modem internal maupun eksternal)
  2. Setelah itu, nyalakan komputer dan perintah komputer untuk mengenali modem tersebut dengan cara:
  • Klik Start
  • Pilih Control Panel


  • Pilih Phone and Modem Option

  • SeteLah modem terdeteksi, maka jenis modem akan muncul.
    Apabila belum, maka pilih Add dan ikuti petunjuk selanjutnya.

0 komentar: